Detail Artikel

Screenshot adakan TJM 2016, Langkah Maju Mengeksplor Karya

Training of Journalistic and Multimedia atau yang lebih dikenal dengan TJM merupakan agenda rutin Screenshot yang digelar tiap tahunnya. Acara tersebut diselenggarakan pada tanggal 29 Oktober 2016 bertempat di Ruang Seminar Gedung D5 lantai 3 FMIPA UNNES. Acara tersebut terbuka oleh umum. TJM tahun ini mengusung tema “Improve Your Skill to Fight the Tight of Competition” sebagai langkah untuk meningkatkan keterampilan dalam bidang jurnalistik dan multimedia untuk mampu bersaing dalam ketatnya kompetisi, tutur Hafid Alpin (Ketua Panitia). Acara tersebut dibuka oleh Much. Aziz Muslim, S.Kom., M.Kom., selaku dosen pendamping dari Screenshot. Beliau berpesan untuk lebih aktif berkarya dan mengikuti kompetisi baik tingkat universitas, nasional, maupun internasional.
TJM 2016 mengundang dua pembicara dalam bidang jurnalistik dan multimedia. Susi Lestari sebagai pembicara pertama merupakan penulis novel kolaborasi Eternal Flame dan juga berjabat sebagai reporter BP2M UNNES, memaparkan mengenai seluk beluk pembuatan artikel berita yang menarik. Sesi pertama ini dimoderatori oleh Maulana Nur Ardian. Pada sesi kedua, mengundang Aldi Nurzahputra yang merupakan juara Mobile Edukasi 2013-2015 untuk memaparkan mengenai aplikasi AdobeFlash begitu pula cara mempraktekkannya, sesi ini dimoderatori oleh Erwin Prasetyo.
“Saya suka bisa mengetahui lebih banyak mengenai jurnalistik dan animasi untuk menjadi modal saya berkembang dalam penulisan berita dan pembuatan film animasi”, tutur Fiskal Purbawan. Pada akhir pelatihan jurnalistik dan multimedia, segenap panitia memberi penugasan kepada para peserta untuk membuat animasi kreatif dan sederhana menggunakan software AdobeFlash dalam kurun waktu satu minggu. Bagi kelompok yang terpilih sebagai karya terbaik akan mendapatkan merchandise dari Screenshot. Berbeda pada tahun sebelumnya, TJM 2016 dijadikan perantara untuk membuka Open Recruitment ScreenShot 2017. Hal tersebut dilakukan untuk mengajak calon fungsionaris untuk mengikuti projek Screenshot selanjutnya yakni Buletin dan Pameran Karya Screenshot di bulan November dan Desember mendatang. (al&dev)

Ditulis pada 29 Oktober 2016 15:58:53. Terakhir diperbarui 29 Oktober 2016 15:58:53