Detail Artikel

Pelatihan Komputer Sekolah Dasar "Mahasiswa Ilmu Komputer"

Pada hari Kamis, 15 mei 2013 di adakan pelatihan tentang pengenalan komputer di kalangan murid – murid sekolah dasar. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari Depatermen Sosial  dan Departemen Akademik Himailkom FMIPA Unnes. Program kerja ini di laksanakan di dua sekolah dasar yaitu SD Negeri Pakintelan  01 dan SD Negeri  Pakintelan 02  yang terletak di desa pakintelan ,Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang. Program kerja ini akan di laksanakan sebanyak 5 kali pertemuan, dengan pengajar dari mahasiswa Ilmu Komputer Universitas negeri Semarang.

pelatihan sekolah dasar

Pelatihan komputer dikalangan murid sekolah dasar ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam penggunaan teknologi informasi dalam pembelajan sehingga mampu mempraktikkan penggunaan aplikasi-aplikasi yang membantu dalam hal belajar. Selain tujuan di atas, kegiatan ini juga mempunyai tujuan khusus yaitu siswa memahami, membuat, dan menggunakan aplikasi. Kegiatan ini disambut dengan baik  dari kedua pihak Sekolah dasar tersebut. Selain itu murid-murid sangat antusias dalam pelatihan Komputer ini.

Dalam pelatihan kemarin murid sekolah dasar tersebut di perkenalkan dengan perangkat-perangkat komputer beserta fungsinya seperti : monitor,  keyboard, mouse ,CPU dan lain-lain. Kegiatan ini dimulai sekitar jam 11.00 wib dengan keterbatasan komputer di kedua sekolah dasar , maka pengajar berinisiatif dengan membawa laptop masing-masing dengan membentuk kelompok-kelompok  kecil melingkar dan setiap kelompok di pegang satu pengjar dan ada satu pengajar di depan menerangkan materi tentang pengenalan perangkat komputer tersebut.

IMG_1287

Suasana belajar ini di buat semenarik mungkin sehingga murid tidak jenuh , murid- murid di minta untuk menggambarkan monitor, keyboard, mouse,dan CPU. Dengan menggambar murid di harapkan mengerti dan mudah diingat  tentang perangkat-perangkat komputer. Untuk merangsang keaktifan di kelas ,murid-murid diberi pertanyaan, siapa yang bisa menjawab dengan tepat akan di beri hadiah. Dengan diadakannya pelatihan tentang Komputer di sekolah dasar seperti ini, diharapkan murid-murid sekolah dasar sebagai  bekal di Sekolah Menengah Pertama (SMP) nanti. Selain itu juga membuat ketertarikan murid-murid tentang dunia IT.

 

Ditulis pada 17 Mei 2013 08:45:31. Terakhir diperbarui 17 Mei 2013 08:45:31