Detail Artikel

Menggali Kreatifitas Mahasiswa Ilkom melalui Workshop PKM 5 BIDANG

Sabtu (05/09/15). Himpunan Mahasiswa Ilmu Komputer mengadakan acara Workshop PKM 5 BIDANG  yang merupakan salah satu program kerja dari Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa. Acara yang dihadiri oleh mahasiswa Ilmu komputer tersebut, mengambil tema “Wujudkan Kreatifitasmu dengan PKM”  yang bertujuan untuk mengembangkan kreatifitas mahasiswa ilmu komputer dalam membuat proposal PKM khususnya yang 5 bidang, ujar ketua panitia sdri. Afit Lilis Damayanti.

Foto2Acara ini dilaksanakan selama tiga jam mulai pukul 08.30 sampai pukul 11.30 yang dibuka langsung oleh Ketua Jurusan Ilmu Komputer, Ibu Endang Sugiharti, S.Si., M.Kom. Pembicara dalam workshop PKM 5 bidang kali ini ialah ibu Dra. Sri Mantini Rahayu Sedyawati, M.Si., ya  ng merupakan term paper service pembimbing PKM. Acara ini dimoderatori oleh saudara Aldi Nurzahputra yang mengawal acara agar berjalan secara kondusif hingga sesi tanya jawab dan diskusi.

Foto3Dalam workshop tersebut, pembicara menyampaikan bahwa menulis adalah ekspresi ide yang dituangkan dalam bentuk tulisan. PKM merupakan salah satu bentuk untuk menuangkan ide-ide kita dalam bentuk tulisan yang tentu bisa dipertanggungjawabakan isinya. Sumber ide yang cerdas dan inovatif dapat berasal dari laporan hasil penelitian, seminar dan diskusi, pernyataan pemegang otoritas, browsing internet, pengalaman pribadi, maupun pengamatan langsung. Begitu pula, acara workshop ini juga bisa merupakan sumber ide yang nantinya bisa dituangkan dalam PKM, baik itu dalam PKM-Penelitian (PKM-P), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M) maupun PKM-Karsa Cipta (PKM-KC).

Selain itu, Ibu Sri Mantini menyampaikan bahwa modal dasar penyusanan proposal PKM ialah baca dan paham buku panduan yang disediakan, paham perbedaan substansi tiap PKM, paham bagaimana aturan yang diperbolehkan mana yang tidak diperbolehkan, paham kelengkapan PKM, dan paham format serta sistematika penulisan. Panduan yang digunakan untuk sebagai pedoman dalam menyusun proposal PKM ialah Panduan PKM 2015 yang terbaru. Beliau juga mengingatkan untuk batas pengunggahan proposal PKM sampai hanya sampai tanggal 10 Oktober 2015.

FotoAcara ini tidak hanya berisi pemaparan materi saja, namun para peserta juga aktif bertanya serta dimintai untuk membuat judul ataupun ide PKM yang langsung diberi pengarahan oleh ibu Sri Mantini. Beberapa judul atau ide PKM tersebut antara lain “Aplikasi Desain di Bidang Arsitektur dengan menggunakan Virtual Reality”, “Kampung Youtube: Mengedukasi Masyarakat agar Mampu Meperoleh Penghasilan dari Youtube”, “Jejaring Sosial Puskresmas (Pusat Kreasi Masyarakat)”, “Penghidup Motor dengan Sensor Retina”, ”Robot Pembersih Sampah”dll.

Peserta sangat antusias dalam mengikuti acara workshop PKM 5 bidang ini. “Dengan adanya workshop ini saya semakin lebih tahu mengenai PKM itu seperti apa, memberikan wawasan serta pengetahuan mengenai PKM, dan juga memberikan saya ide untuk menulis PKM” ujar Ibnu   salah satu peserta workshop. (anp)

Ditulis pada 07 September 2015 13:36:53. Terakhir diperbarui 30 Oktober 2015 23:12:09