Detail Artikel

Jurusan Ilkom Tawarkan E-Ujian Sebagai Alternatif Solusi Penilaian Berbasis Daring

Semenjak masa wabah COVID-19 melanda, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyatakan bahwa pelaksanaan pembelajaran bagi siswa dilaksanakan secara daring. Siswa dan guru harus siap dalam menghadapi perubahan cara pembelajaran yang terbilang cukup cepat. Sebagai salah satu instansi terbaik di lingkungan Kota Semarang, UNNES berusaha untuk berkontribusi meningkatkan kualitas pembelajaran pada sekolah-sekolah di sekitarnya melalui berbagai kegiatan pengabdian masyarakat.

Salah satu kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan oleh Jurusan Ilmu Komputer di SMP Islam Roudlotus Saidiyyah Semarang yang terletak di Kelurahan Sukorejo, Kecamatan Gunungpati. Kegiatan yang diketuai oleh Ibu Endang Sugiharti tersebut memberikan kesempatan kepada para guru untuk menerapkan penilaian berbasis daring. Dengan menggunakan aplikasi E-Ujian, para peserta mencoba dengan asik berbagai fitur yang tersedia pada aplikasi tersebut. E-Ujian saat ini telah memiliki berbagai fitur yang dapat menunjang proses penilaian secara daring. Pengawas ujian dapat memantau aktivitas masing-masing peserta melalui kamera pada perangkat peserta. Selain itu, E-Ujian juga dapat memantau progres pengerjaan peserta dan melakukan koreksi jawaban peserta secara otomatis.

Sebagai seorang akademisi yang juga memiliki tugas untuk melaksanakan pengabdian masyarakat, tim pengabdian yang terdiri dari Endang Sugiharti, Alamsyah, Riza Arifudin, Zaenal Abidin, Anggyi Trisnawan Putra dan M. Faris Al Hakim merasa sangat terpanggil untuk membantu para guru agar tetap dapat melakukan kegiatan penilaian dengan baik meskipun dilakukan secara daring. Bapak Murtadlo selaku Kepala SMP Islam Roudlotus Saidiyyah, merasa sangat senang atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Semoga kegiatan pengabdian yang dilaksanakan dapat memberikan kebermanfaatan khususnya bagi kedua belah pihak dan kepada masyarakat yang lebih luas.

Ditulis pada 09 November 2021 08:19:40. Terakhir diperbarui 09 November 2021 08:19:40