Detail Artikel

Hima Ilkom Unnes Adakan Workshop Game Android

Sabtu (13/6/15). Himpunan Mahasiswa Ilmu Komputer mengadakan acara Workshop Game Android yang merupakan salah satu program kerja dari Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa. Acara tersebut diikuti oleh mahasiswa dari berbagai fakultas di Universitas Negeri Semarang. Acara tersebut, mengambil tema “Create A Creative Android Game”  yang bertujuan untuk mengembangkan kreatifitas mahasiswa dalam bidang pembuatan game android, ujar dari ketua panitia sdri. Sinta Hardiyanti. Harapan yang diinginkan dari workshop tersebut adalah dapat membuat game android yang kreatif dengan menggunakan Flash Develop.


image001Acara ini dilaksanakan selama tujuh jam yang dimulai dari jam 09.00 sampai jam 16.00 yang dibuka langsung oleh ketua jurusan Ibu Endang Sugiharti, S.Si., M.Kom. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa acara tersebut sangat didukung dari birokrasi jurusan, karena dalam perkuliahan tidak dibahas secara spesifik tentang bagaimana cara pembuatan game android. ”Sekarang mengadakan Workshop Game Android untuk kedepannya mengadakan Kompetisi Game Android. Ini PR buat Fungsionaris Hima Ilkom 2015”ujarnya dalam sambutan pembukaan.  Setelah pembukaan acara tersebut dilanjutkan dengan materi dan praktek pembuatan Game Android yang disampaikan serta dipandu oleh pembicara yang bernama Bapak Wandah Wibawanto, S.Sn., M.Ds. Game dalam pelatihan ini akan membuat game 2D, dengan pemutaran objek, kecerdasan buatan, serta scoring pada game.

Dalam pembuatan game ada beberapa tahapan yang harus diperhatikan, yang pertama ialah display object, lalu movement, input, collision detect, logic, scoring, leveling, dan publishing. Adapun tipe game ada console, dekstop, mobile dan browser. Mengapa kita menjadi developer game? Game dalam perkembangannya itu tidak pernah surut, relatif mudah dipahami, serta perkembangan teknologi yang berbanding lurus dengan perkembangan sebuah game. Game juga banyak sekali yang berminat dalam memainkannya, serta pengembangnya.  Tak hanya itu, menjadi developer game bisa mendapatakan penghasilan 10 -100juta dari hasil game yang dibuat.

image001

Peserta workshop sangat antusias dalam pembuatan game serta belajar dari pengenalan pemograman dalam membuat game dengan flash develop. “Acaranya sangat menarik, seru, banyak pengetahuan baru yang didapat dalam pembuatan game android” ujar Jeffry Nur Rifai’ salah satu peserta Workshop. [Aldi & Elis]

Ditulis pada 15 Juni 2015 07:55:38. Terakhir diperbarui 15 Juni 2015 11:17:59