Detail Artikel

Seminar Nasional FMIPA 2012

Semarang, mipa.unnes.ac.id. Fakultas matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Unnes mengadakan Seminar Nasional MIPA Unnes 2012 pada tanggal 15 Desember 2012 di Gedung C7 kampus Sekaran Gunungpati Semarang, dengan tema “Peran MIPA dalam Peningkatan Kualitas Hidup dan Pengembangan Karakter”.

Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk masyarakat MIPA yang berkualitas dan mampu mengembangkan pendidikan berkarakter yang diimbangi oleh kecerdasan emosional,  sosial dan spiritual untuk mewujudkan kehidupan harmonis berdasarkan nilai budaya luhur bangsa.

Seminar yang bertema  ini menghadirkan 4 Pembicara Utama dan diikuti oleh 146 peserta dan 91 pemakalah. Praktisi, peneliti, guru, dosen, maupun mahasiswa hadir dan berpartisipasi dalam kegiatan ini. Panitia menyebutkan bahwa peserta berasal dari berbagai instansi baik dari Jawa maupun luar Jawa, diantaranya adalah LIPI, BATAN, UNJ, Undip, ITS, UI, UPI, UGM, Unnes, UNS, Universitas Medan, Universitas Brawijaya, Universitas Papua Manokwari, Universitas Tanjungpura, STKIP PGRI Pontianak, IAIN Walisongo Semarang, Universitas Lampung, Universitas Haluleo, Unisbank Semarang, Boarding School of Daar el Qolam, SMA N 1 Ungaran dan beberapa instansi lainnya.

Seminar dibuka oleh Dekan FMIPA Unnes, Prof. Dr. Wiyanto, M.Si. didampingi oleh Dr. Ir. Priyantini Widiyaningrum, M.S. selaku Ketua Panitia. Pada Diskusi Panel I, Prof. Dr. Supriadi Rustad, M.Si (Direktur Ditnaga Dikti) memaparkan makalah tentang Mutu Dosen dan Publikasi Perguruan Tinggi (Membangun Budaya Akademik). Lebih menyoroti mengenai pendidikan karakter, terutama pada guru besar. Diskusi dilanjutkan dengan membahas Pemanfaatan Bahan Alam untuk Meningkatkan Kualitas Hidup bersama Pakar Kimia organik, Prof. Dr. Asep Kadarohman, M.Si (Dekan FPMIPA UPI).

Pada Diskusi Panel II,  “Can Biology Teaching Facilitate Character Development: Lesson Learnt From Causal Relationships of Pakem, Teacher’s Educational Background, and School Cultures” menjadi tema yang diangkat oleh Dr. Andreas Priyono B.P, M.Ed (Dosen Pendidikan Biologi FMIPA Unnes).  Selanjutnya, diskusi matematika terapan dimulai dengan membahas ilmu dasar dan terapan, pemodelan matematika hingga simulasi numeric menggunakan program komputer oleh Dr. Fajar Adi Kusumo, M.Si (Dosen Matematika FMIPA UGM) yang mengangkat tema Dinamika Penyebaran Influenza Tipe A Akibat Mekanisme Drift pada Kasus Flu Babi.

Seminar nasional nasional ini ditutup pukul 16.00 setelah ke 91 peserta pemakalah mempresentasikan dalam sidang paralel. Seminar ini berjalan dengan baik.

Ditulis pada 17 Desember 2012 01:35:45. Terakhir diperbarui 17 Desember 2012 01:35:45