Detail Artikel

Jurusan Ilmu Komputer Sukses Selenggarakan Seminar Nasional Bertemakan Transformasi Digital

Jurusan Ilmu Komputer Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang (FMIPA UNNES) telah sukses menyelenggarakan Seminar Nasional Ilmu Komputer (SNIK) tahun 2022. Pada tahun ini seminar diadakan secara hybrid, yaitu offline diadakan di gedung D12 lantai 3 dan online melalui Zoom Meeting Room. Kegiatan yang turut disiarkan langsung melalui Youtube Channel “Ilmu Komputer FMIPA UNNES” ini diselenggarakan pada hari Rabu, 19 Oktober 2022 pukul 08.30 – 15.30 WIB. Seminar ini mengangkat tema “Transformasi Digital menuju Indonesia Bangkit Lebih Kuat”.

Seminar dibuka dengan membaca basmallah bersama, kemudian menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dan dilanjutkan dengan doa oleh bapak M. Faris Al Hakim S.Pd., M.Cs. Kegiatan seminar terlaksana secara hybrid diikuti peserta sebanyak 208 orang dari berbagai provinsi di Indonesia. Peserta yang hadir secara offline sebanyak 161 orang dan sisanya mengikuti acara secara online melalui zoom meeting. Ketua Panitia SNIK 2022, Kholiq Budiman, S.Pd., M.Kom., melaporkan terdapat 16 artikel yang dipresentasikan oleh para pemakalah. Pemakalah berasal dari berbagai profesi dan instansi, antara lain kalangan akademisi, peneliti, pakar, praktisi, swasta, dan lembaga swadaya masyarakat.

Kegiatan SNIK 2022 dibuka oleh bapak Dr. Sugiyanto, M.Si., Dekan FMIPA UNNES. Dalam sambutannya, dekan mengapresiasi jurusan ilmu komputer yang secara rutin menyelenggarakan seminar nasional setiap tahunnya dan dapat terlaksana dengan baik. Kolaborasi dari berbagai bidang keilmuan sangatlah penting demi kemajuan bangsa, terutama dalam transformasi digital menjadi lebih baik pada masa yang mendatang. Beliau berharap seminar ini dapat terus dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya dan dapat memberikan kontribusi dalam keilmuan informatika, khususnya dalam lingkungan Universitas Negeri Semarang (UNNES).

Sesuai dengan tema yang diusung, SNIK 2022 mendatangkan tiga narasumber hebat. Narasumber pertama adalah bapak Zainal Arifin, S. Kom., M. Kom., yang merupakan Dosen Teknik Informatika Universitas Mulia. Beliau berpengalaman dalam User Interface selama 13 tahun dan Invention Inkubator Bisnis Universitas Mulia Balikpapan dan Inovasi Teknologi. Narasumber kedua adalah bapak Budi Prasetiyo, S. Si., M. Kom., yang merupakan Dosen Ilmu Komputer Universitas Negeri Semarang, founder Skillwork, serta founder Conference Drive. Narasumber ketiga adalah bapak Prof. Ir. Zainal Arifin Hasibuan, MLS., Ph.D., yang merupakan Ketua Umum Aptikom Indonesia dan Ketua Penyelenggara Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia.

Ketiga narasumber berkolaborasi dengan dipandu oleh ibu Devi Ajeng Efrilianda S.Kom., M.Kom. sebagai moderator. Dalam menyampaikan materinya, ketiga narasumber berbagi ilmu mengenai transformasi digital dan langkah mempercepat transformasi digital.

Setelah sidang pleno selesai, acara dilanjutkan dengan sidang paralel yang juga dilaksanakan secara hybrid. Dalam sidang paralel, para pemakalah mempresentasikan dan mendiskusikan penelitian materi pada bidangnya masing-masing, yaitu Data Mining, IT Adoption, Perencanaan Strategis Sistem Informasi, Manajemen Sistem Informasi, dan Pemodelan dan Perancangan Perangkat lunak. Makalah yang sudah lulus uji maka akan diterbitkan atau dipublikasikan ke publikasi ber-ISSN dan terindeks Google Scholar, publikasi JAIST/JOSCEX ber-ISSN dan terindeks Google Scholar, dan publikasi di Scientific Journal of Informatic (SJI) SINTA 2 dan terindeks Google Scholar. Untuk kategori publikasi sesuai dengan pendaftaran diawal memilih kategori publikasi.

Ditulis pada 21 Oktober 2022 06:02:17. Terakhir diperbarui 21 Oktober 2022 06:02:17