Detail Artikel

Screenshot— Asah Kemampuan Jurnalistik dan Desain dalam Pelatihan Jurnalistik dan Multimedia

Screenshot Ilmu Komputer Universitas Negeri Semarang kembali mengadakan kegiatan pelatihan jurnalistik dan multimedia pada Sabtu (21/11/15) bertempat di gedung D5 FMIPA. Tema kegiatan pelatihan tahun ini adalah “Upgrade Your Journalistic and Multimedia Passion to Action”. Sesuai dengan tema maka keluaran yang diharapkan dari kegiatan ini yaitu mampu meningkatkan kemampuan peserta dalam bidang jurnalis dan multimedia.

Kegiatan ini dimulai pukul 08.00 WIB, dipandu oleh Saudari Siti Hardiyanti Rukmana sebagai pembawa acara. Sambutan pertama oleh Ketua Panitia, Saudara Muhamad Nasrul Fata. Kemudian dilanjutkan sambutan oleh Bapak Much. Aziz Muslim, S.Kom., M.Kom. sekaligus membuka acara.

image003Rangkaian acara berikutnya yaitu penyampaian materi oleh pembicara pertama yaitu Suyadi, ketua BP2M Universitas Negeri Semarang,  yang dipandu oleh Aldi Nurzahputra sebagai moderator. Dalam materi pertama disampaikan secara mendetail bagaimana cara menulis berita yang baik dan benar. Peserta diajarkan bagaimana tahap penulisan sebuah berita, dari mulai memilih peristiwa berdasarkan news value, menentukan news angle, membuat judul

yang menarik, membuat lead atau teras berita, tubuh berita, sampai tahap terakhir yaitu penutup berita. Oleh Suyadi juga disampaikan jenis-jenis berita yaitu soft news dan straight news, proses pencarian data yang meliputi wawancara, observasi serta studi pustaka , hingga formula dasar penulisan berita yaitu accuracy, brevity, dan clarity.

Setelah pembicara pertama menyampaikan materi selama kurang lebih satu jam, dilanjutkan dengan pembicara kedua yaitu Desi Wulansari dari Screenshot generasi pertama yang menyampaikan materi dan pelatihan desain. Untuk pembicara kedua dipandu oleh Eka Yuni Rachmawati sebagai moderator.

image005Materi kedua diawali dengan penyampaian materi mengenai pengertian apa itu layout serta ditampilkan beberapa contoh layout yang menarik. Selanjutnya dilakukan pelatihan pembuatan cover buletin serta layout halaman berita dengan menggunakan aplikasi Coreldraw X6 yang sebelumnya telah diinstal oleh peserta di laptop masing-masing. Dalam pelatihan ini peserta diberikan bahan-bahan untuk

membuat cover dan halaman berita supaya sesuai dengan yang dipraktekan oleh pembicara, sebagai contoh untuk pelatihan ini adalah membuat cover buletin Screen News (Buletin Screenshot). Pelatihan dilakukan tahap demi tahap sampai peserta memahami dan bisa menghasilkan karya yang diajarkan oleh pembicara. Karya yang mereka hasilkan juga digunakan  sebagai syarat pengambilan sertifikat.

Pelatihan jurnalistik dan multimedia dilaksanakan setiap tahun oleh Screenshot. Dari acara ini diharapkan peserta mampu meningkatkan kreativitas berpikir dalam berjunalistik serta mengasah ketrampilan mereka dalam bidang desain walaupun masih dalam tingkat yang sederhana.

Ditulis pada 23 November 2015 10:34:09. Terakhir diperbarui 23 November 2015 10:34:09