Detail Artikel

Jalur Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Jalur Masuk Perguruan Tinggi Negeri untuk Anda yang sebentar lagi lulus SMA/MA/SMK dan ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi negeri, Ada baiknya memahami jalur-jalur seleksi untuk merebut bangku kuliah di perguruan tinggi milik pemerintah itu.

dari unnes.ac.id, Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Prof Sudijono Sastroatmodjo menerangkan, sebagaimana PTN lain, Unnes pun mengenal tiga jalur. “Pertama, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Kedua, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Ketiga, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes (SPMU) yang merupakan seleksi mandiri,” katanya.

Apa perbedaan di antara ketiganya? “SNMPTN merupakan seleksi yang didasarkan pada nilai rapor dan prestasi lainnya selama pendaftar menempuh pendidikan di SMA atau yang sederajat. Tahun 2011 dan 2012, seleksi ini disebut SNMPTN Jalur Undangan. Tahun ini namanya SNMPTN. Semua pendaftar SNMPTN bebas dari biaya pendaftaran,” katanya.

Adapun SBMPTN merupakan seleksi yang dilakukan lewat ujian tulis dan dilakukan secara nasional secara bersama-sama. “Persis dengan SNMPTN Jalur Ujian Tulis. Hanya, untuk tahun 2013, namanya berubah menjadi SBMPTN,” terang Rektor.

Selain SNMPTN dan SBMPTN, PTN juga menyelenggarakan seleksi mandiri. “Untuk Unnes, namanya Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes atau lazim disingkat SPMU. Seleksi ini baru digelar setelah SNMPTN dan SBMPTN diumumkan hasilnya,” katanya.

Tahun lalu  Program Studi Teknik Informatika Unnes menerima mahasiswa dari jalur SPMU. Program Studi ini merupakan program studi yang paling baru di Universitas Negeri Semarang. Prodi ini bernaung dibawah Jurusan Ilmu Komputer Fakultas MIPA. Seleksi lewat jalur ketiganya diharapkan mendapatkan calon mahasiswa yang unggul dan berkualitas.

 

Ditulis pada 12 Desember 2012 06:37:09. Terakhir diperbarui 12 Desember 2012 06:37:15