Detail Artikel

Hima Ilkom UNNES Adakan PKMMTJ, Wadah Mencetak Pemimpin Berkomputek

Himpunan Mahasiswa Ilmu Komputer telah melaksanakan Pelatihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa Tingkat Jurusan (PKMMTJ). Seperti tahun sebelumnya, PKMMTJ 2016 berlangsung selama dua hari, tepatnya pada tanggal 15-16 Oktober 2016. PKMMTJ 2016 mengusung tema “Membentuk Pemimpin Muda yang Berkompeten, Religius dan Komputek untuk Siap Berkarya” dengan tujuan agar dapat menjadi generasi yang mampu bersaing di kancah nasional maupun internasional, tutur Fadli Doni, Ketua Panitia. Acara tersebut dibuka langsung oleh Ketua Jurusan Ilmu Komputer, Ibu Endang Sugiharti, S. Si., M. Kom. PKMMTJ diikuti oleh 51 mahasiswa ilmu komputer angkatan 2016, dikarenakan PKMMTJ menjadi syarat untuk bisa mengikuti PKMMTD dan juga mengikuti organisasi di tingkat jurusan. Acara ini diharapkan dapat mencetak pemimpin berkomputek dari jurusan Ilmu Komputer.

Pada hari pertama PKMMTJ berlangsung di gedung D5 lantai 3 dalam empat sesi dengan mengundang empat pembicara, diantaranya Akhmad Fauzi, Presiden Mahasiswa 2016 yang memaparkan topik terkait “Kepemimpinan” yang dimoderatori oleh M. Anbiya. Pembicara kedua, M. Mugnil Labib S. Pd., Presiden Mahasiswa 2015 dan Mahasiswa Inspiratif Unnes 2015, memberikan materi terkait “Manajemen Organisasi” dengan moderator Aldi Nurzahputra. Pembicara ketiga, Purnama, Wirausahawan Donat, memberikan materi tentang “Manajemen Waktu” dimoderatori oleh Kusmahendra Agung Pambudi, dan pembicara terakhir Diyamon Prasandha, S.Pd., M. Pd. memaparkan materi terkait “Retorika Berbicara” dimoderatori oleh Cahya A. Bintang. Peserta PKMMTJ sangat antusias, terbukti banyak peserta yang aktif bertanya kepada pebimcara.

Hari kedua, PKMMTJ diisi dengan agenda out bond dengan games yang melatih tingkat kerja sama, kreatifitas, dan daya ingat peserta. Out bound dilaksanakan di halaman terbuka depan gedung BPTIK dan lapangan rektorat. “Mengikuti PKMMTJ, saya mendapatkan banyak ilmu dan wawasan terkait manajemen waktu dan organisasi, selain itu acaranya juga sangat menyenangkan”, tutur Sulistiana, peserta PKMMTJ (Ilkom 2016). Di akhir out bound, panitia mengadakan sesi sharing untuk peserta mengungkapkan kesan dan pesan terkait kegiatan yang telah berlangsung. Peserta juga diminta untuk mengutarakan organisasi/UKM apa yang hendak diikuti. Hal tersebut dijadikan panitia sebagai evaluasi bagi panitia ke depan dan mengetahui minat peserta dalam berorganisasi. (al,dev&nas).

Ditulis pada 21 Oktober 2016 07:30:42. Terakhir diperbarui 21 Oktober 2016 07:31:15